RSS

Keterampilan Membaca Cepat

21 Mar

Apakah bisa kecepatan baca kita ditingkatkan?

Jawabannya adalah sangat bisa!

Kecepet bangetuntungan kita apabila menguasai keterampilan ini sangatlah banyak, kalo yang suka baca buku gratisan, bisa baca buku di tempat, yang suka nyalin kerjaan teman buat pelajar nih yang suka nyontek bisa langsung dapat intinya, kalo ada ujian dadakan jadi lebih siap buat :). Sebenarnya tidak hanya keuntungan yang cenderung negatif seperti itu, tetapi ada juga keuntungan lain yang bisa kita dapat. Segala informasi yang kita terima mampu kita olah dengan cepet dan menyaringnya antara yang penting, lumyan penting, dan sama sekali ngga penting. Terlebih lagi arus informasi yang tak terkendali berkat jasa internet zaman sekarang. Perlu diwaspadai juga, apabila kita kurang bisa menyaring informasi, kita akan kerepotan sendiri dengan kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari tugas, email, berita di surat kabar, buku, novel, literatur ilmiah, dan lain sebagainya. Bahkan sebenarnya membaca situasi pun dapat dipelajari di sini. Sehingga kita bisa lebih mampu dalam menempatkan diri di berbagai situasi dan dalam pemecahan suatu masalah.

Setelah saya telusuri, keterampilan mambaca cepat memiliki sejarah yang cukup unik, bermula ketika ahli pendidikan dan psikolog membuat alat bantu untuk menampilkan gambar secara cepat di layar. Eksperimen dilakukan dengan menampilkan gambar pesawat ukuran besar yang kemudian semakin mengecil seiring dengan bertambahnya kecepatan perpindahan antar gambar. Peneliti tersebut menemukan bahwa seseorang bisa mengidentifikasi jenis pesawat yang ditampilkan meski hanya muncul 1/500 detik.  Penemuan ini memberi arah bahwa tidak hanya pengenalan akan gambar  melainkan pengenalan teks bisa dilakukan dengan cara cepat. Jika Anda mengamati perkembangan terkini maka teknik  menggunakan  flash card untuk mengenalkan kata dan objek kepada  anak kecil adalah salah satu aplikasinya.

Dalam dunia membaca cepat dikenal nama  Evelyn Wood  –  seorang guru sekolah – sebagai pelopor. Dia mencoba meneliti secara khusus mengapa ada orang yang bisa membaca sangat cepat dan mengapa yang lain tidak. Wood meneliti dan mewawancarai orang-orang yang mampu membaca cepat untuk menemukan pola tertentu. Sampai akhirnya Evelyn Wood menemukan cara dengan menggunakan alat bantu tangan untuk menunjuk teks bacaan dan menyusurinya dengan cepat. Lewat cara ini mata akan terbantu dan dipaksa bergerak lebih cepat.  Teknik  ini dikenal dengan  “metode Wood”  yang kemudian berubah nama menjadi  Reading Dynamics di tahun 1958. Sejak saat itu istilah  Speed Reading mulai dikenal secara luas dan sekolah baca cepat didirikan. Dalam sejarah, dikenal dua  orang tokoh yang mampu membaca cepat dan belajar banyak buku dalam waktu singkat. Mereka adalah mantan Presiden Amerika Serikat  Jimmy Carter  dan  John F. Kennedy.  Para staf Gedung Putih secara khusus diajarkan teknik membaca cepat ini didukung oleh Sang Presiden. Tak heran jika kedua tokoh ini dianggap orang yang berkontribusi bagi berkembangnya program membaca cepat.

Sejak kematian John F. Kennedy praktis kursus membaca cepat mulai redup sekitar periode 1965-1981. Setelah masa tersebut, praktek membaca cepat dikembangkan oleh banyak orang baik lewat kursus, penggunaan software maupun lewat buku.

Sumber: berbagai sumber dan buku Speed Reading

 
Leave a comment

Posted by on March 21, 2011 in Artikel

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: