RSS

Kertas, penemuan yang memudahkan hidup kita

17 Feb

Bagi manusia di jaman ini, memakai ertas adalah hal yang biasa. Tapi pernahkah kita berpikir apa jadinya kalau kertas tidak pernah ditemukan?

Sebelum teknologi kertas tersebar luas, media tulis yang dikenal oleh manusia adalah tembikar, papyrus, perkamen, dan di Indonesia kita memakai daun lontar. Tembikar merupakan media tulis yang berup tanah lemung yang dibakar. Sedangkan papyrus dan lontar merupakan media tulis yang berupa daun . Perkamen sendiri merupakan media tulis yang terbuat dari kulilt hewan.

Bayangkan jika kita tidak mengenal kertas, kita akan membawa sekarung kulit hewan untuk menuntut ilmu. Tas yang kita miliki sekarang tidak akan muat untuk membawa semua bahan pelajaran yang dibutuhkan.  Dokumen-dokumen tidak akan bisa disimpan secara ringkas di dalam satu map.

Tembikar mungkin lebih bisa dibentuk sesuai keinginan kita karena terbuat dari tanah liat. Namun,  berat dari tembikar tentu akan sangat merepotkan kita. Sevuah buku yang terdiri dari 400 halaman tentunya akan jauh lebih berat jika dibuat dari tembikar. Papyrus atau daun lontar mungkin media yang paling ringkas dan ringan. Tetapi daun cenderung lebih mudah rusak. Dokumen-dokumen penting yang kita tulis di atas daun sangat bereisko untuk hilang karena daun yang kita pakai udah rusak.

Orang yang sangat berjasa di dalam memudahkan hidup kita saat ini adalah Tsai Lun, seorng bangsa Cina. Dia membuat kertas dari bambu. Pada awalnya, teknologi pembuatan kertas sangat dirahasiakan. Setelah jatuhnya dinasti Tang pada perang sungai Talas pada 751 masehi, teknologi  pembuatan kertas jatuh ke tangan Bangsa Arab. Sejak itu, kertas mulai tersebar ke Eropa dan pada akhirnya ke seluruh dunia.

Kertas merupakan penemuan sederhana yang memungkinkan kita untuk hidup secara lebih mudah di jaman ini. Meskipun teknologi sudah demikian maju, kertas masih tak tergantikan sebagai media menulis dokumen-dokumen tertentu . Selain itu, bagi penikmat buku, tentunya kertas telah sangat mempermudah hidup mereka.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on February 17, 2011 in Artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: