RSS

Mata Sehat, Aktivitas Lancar

03 Mar

Kita semua tentu setuju bahwa mata merupakan salah satu organ yang penting bagi kita. Mata berperan banyak dalam memudahkan semua kegiatan kita. Seringkali ketika kita beraktivitas yang memerlukan kerja mata yang lebih, mata kita menjadi lelah, berkantung atau terasa pedas. Hal ini mungkin tidak terlalu mengganggu aktivitas kita tetapi tentu saja kita tidak akan beraktivitas dengan nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Alihkan pandangan kita untuk sejenak. Ketika kita terlalu lama di depan layar komputer, membaca, atau kegiatan lain yang menuntut kinerja lebih dari mata, ada baiknya kita mengalihkan pandangan sejenak. Tentu ini cara paling sederhana untuk menyelesaikan mata lelah.
  2. Paksa mata untuk berkedip. Seringkali, ketika kita berada di depan layar komputer terlalu lama, mata kita menjadi terasa pedas. Pada saat kita berkonsentrasi penuh di depan komputer, secara tidak sadar kita jarang berkedip. Padahal, berkedip merupakan mekanisme alami tubuh untuk selalu menjaga mata tetap basah. Kondisi mata yang kurang basah ini membuat mata kita terasa pedas. Maka, paksakan berkedip setiap periode tertentu sehingga bisa mengurangi rasa pedas pada mata.
  3. Saling gosokkan kedua tangan dan tempelkan pada mata. Cara ini cukup berhasil untuk membuat mata kita terasa lebih nyaman. Ketika kita merasa mata kita kelelahan, coba gosokkan kedua tangan hingga hangat. Sambil menutup mata, tempelkan kedua telapak tangan kita pada mata. Rasa hangat pada tangan mampu membuat mata kita terasa lebih nyaman.
  4. Senam mata. Kita bisa melakukan senam mata sehingga mata kita terasa lebih rileks. Pada dasarnya, mata kita dapat beroperasi juga akibat adanya otot-otot mata. Maka, seperti pada saat kita melakukan senam untuk melemaskan otot-otot tubuh kita, kita juga bisa menggerakkan mata kita sehingga otot-ototnya lebih rileks.

Gerakkannya bisa dengan cara menggerakkan mata ke beberapa arah berbeda. Gerakkan mata kita ke atas, bawah, kanan, dan kiri secara berurutan dengan rileks. Lalu tutup mata sejenak. Lakukan hal ini beberapa kali sehingga mata terasa rileks. Fokuskan mata kita pada satu objek, lalu ubah fokusnya ke belakang objek tersebut lalu kembali ke objek tersebut. Lalu tutup mata sejenak. Lakukan beberapa kali.

5. Kompres mata. Cara ini memerlukan usaha yang sedikit lebih banyak karena kita memerlukan sesuatu yang lain untuk mengkompres mata kita. Ada beberapa benda yang bisa kita gunakan untuk mengompres mata kita. Salah satu yang paling sering digunakan adalah irisan mentimun. Dinginkan mentimun lalu taruh irisannya di atas mata selama beberapa menit. Suhu dingin bisa membantu untuk menarik pembuluh darah sehingga mengurangi bengkak pada mata.

Cara yang lebih sederhana adalah dengan meletakkan sendok di dalam es untuk mendinginkannya, lalu kita letakkan di atas mata kita. Sama dengan mentimun, suhu dinginnya membantu untuk melancarkan peredaran darah. Susu juga bisa digunakan untuk mengompres mata kita. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam susu lalu mengompresnya ke mata kita. Lemak di dalam susu bagus untuk kulit dan tentu saja susu dingin lebih baik karena suhu memang memegang peranan penting di sini.

Mungkin masih banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat mata menjadi rileks. Namun, pada intinya, kita perlu memerhatikan mata kita sehingga tetap bisa digunakan secara baik. Jika kita paksakan mata kita bekerja terlalu keras, tentu saja hasilnya tidak akan  baik. Konsumsi buah, sayuran, dan air yang cukup juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata.

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 3, 2011 in Artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: