RSS

Toko Buku Asyik di Bandung

16 Apr

Di mana sih toko2 buku asyik di Bandung? Here they are:

1. Tobucil
Bagi kami, Toko Buku Kecil yang disingkat Tobucil ini adalah pelopor toko buku alternatif di Bandung. Dahulu Tobucil mengusung moto Support Your Local Literacy Movement. Untuk mendukung semangatnya, Tobucil bikin beberapa Klab. Semacam komunitas kecil yang berkumpul di hari tertentu dan membahas tema dari Klab tersebut. Ada Klab Nulis, Klab Baca, Klab Desain, Klab Klasik, Klab Jazz, dll. Itu dulu, sekarang kegiatan literasinya ditambah dengan dengan kegiatan kreatif lain yang khas, yaitu hasta karya. Semacam Klab Rajut, klab ini khusus membuat sesuatu yang dibuat secara manual, alias hand-made.

Tobucil ini cocok deh sama namanya, tokonya kecil mungil. Meski kecil, semangat Tobucil besar sekali dan sering jadi tempat bagi banyak orang berinteraksi satu sama lain dalam kegiatan-kegiatannya.

Lihat Tobucil dan kegiatan di http://tobucil.blogspot.com/
Tobucil ada di Jl. Aceh no. 56 Bandung 40113

Buka – Tutup : 08.00 – 20.00


2. Roemah Buku

Ini dia satu toko buku favorit kami berikutnya. Roemah Buku! Kalau kesini benar-benar serasa di rumah. Seperti rumah kita sendiri tapi bayangkan ruang tamu dan ruang kita nonton tivi dan berkumpul bersama keluarga dijadikan sebagai toko buku. Ada sedikit rak besar yang berdiri menampung secara rapi buku-buku dengan berbagai tema dan judul. Ada beberapa pasang sofa yang diletakkan diantara rak buku tersebut, sofanya empuk pula. Lalu ada meja yang bentuknya memanjang dengan kursi-kursi yang mengisi meja tersebut. Satu meja yang berhias botol-botol unik di bagian tengahnya itu bisa digunakan untuk 12 orang. Oiya, lampu penerangnya menyatu dengan ruangan, super nyaman. Wuih asyik! Ssst, buat foto-foto juga keren nih tempatnya!

Selain buku, Roemah Buku secara khusus menempatkan dirinya sebagai Movie Lovers. Ada banyak koleksi film yang bisa disewa bahkan ditonton langsung di Roemah Buku. Mereka menyediakan satu ruangan khusus untuk yang mau nonton film. Film koleksi Roemah Buku koleksi filmnya aneh-aneh deh, jarang ada di pasaran bahkan di biiskop sekalipun.
Dalam waktu tertentu mereka juga mengadakan acara berupa screening movie.

Lihat Roemah Buku dan kegiatan mereka di http://zine.rukukineruku.com/
Jl. Hegarmanah 52
Bandung, 40141
Indonesia

Jam Buka:
Senin-Sabtu 10:00 – 20:00
Minggu 10:00 – 17:00


3. Zoe Corner

Ini dia tempat baca buku paling asyik lainnya. Zoe Corner! Sebenarnya tempat ini adalah tempat sewa buku. Standar alias sama dengan penyewaan buku lainnya. Namun ada yang beda di Zoe.

Pertama, koleksi bukunya super lengkap. Mulai dari komik sampai novel ada. Majalah amak-anak sampai majalah orang dewasa tersedia. Makanya kalau masuk ke dalam Zoe coba dipikir dahulu sebelumnya ingin meminjam buku apa, karena saking banyaknya kadang-kadang jadi suka bingung mau pinjam apa. Habisnya mau dibaca semua sih!

Kedua, ada tempat buat baca buku. Ini nih yang asyik. Teras Zoe jadi tempat untuk orang-orang yang ingin membaca buku. Ada banyak pasang kursi yang diletakkan disana, plus dengan mejanya. Dominasi warna merah jadi ciri khas Zoe Corner. Kursi dan mejanya, warna merah semua. Mereka juga menyediakan satu ruangan khusus di lantai 2. Bentuk ruangannya memanjang, seperti lorong, tapi lebar lorongnya lebar sekali, sekitar dua – tiga meter. Ruangan ini menyatu dengan kantor, tempat sholat, dan kamar mandi. Disini kita bisa lesehan baca bukunya.

Ketiga, ada cafe. Lagi asyik baca buku terus kelaparan atau haus? hmmm itu biasa. Di Zoe kita tidak perlu beranjak ke tempat lain. Disini ada cafenya jadi bisa langsung pesan. Harganya terjangkau. Favorit kami adalah nasi goreng Zoe dan roti bakar keju. Hmmm… oiya, jangan lupa pesan Big Iced Tea! karena ukuran gelasnya super jumbo! Slurp…

Keempat, mau baca buku disini tidak perlu daftar jadi anggotanya dulu kok. Resikonya, tidak bisa menyewa buku dan harga membaca lebih mahal dibanding kalau kita anggota. Jadi untuk kemudahan, daftar saja dulu. Bayarnya setahun 30.000 dan bawa pas foto & fotokopi kartu identitas.

Zoe Corner (Belakang BCA Dago, depannya Cafe Victoria)
Jl. Pager Gunung no. 3 Bandung

Jam Buka:
10.00 – 22.00

4. Reading Lights
Membaca Cahaya atau cahaya yang mencerahkan. Begitulah Reading Light. Menempati bangunan di pojok jalan, RL jadi favorit banyak orang yang mencari buku-buku berbahasa inggris. Yak! ini yang jadi ciri khas RL, buku-bukunya buku impor! Ada buku tentang perjalanan, self improvment, novel, buku-buku How To, sampai komik-komik lucu dan komik serius.

RL terdiri dari dua lantai dan satu ruangan di belakangnya. Mirip dengan Zoe Corner, RL menyediakan kursi-kursi dan meja untuk para pengunjung. Ada satu sofa besar yang diletakkan di bagian depan dekat dengan jendela besar. Mirip etalase.

Mau baca atau internetan sambil ngemil, tinggal ambil buku menunya dan segera pesan. Percayalah, makanan minuman di RL super yummy! Makanannya juga jenis makanan western. Serba keju  deh pokoknya.

Kegiatan lain selain buku, ada pula nonton bareng dan klub merajut. RL menyediakan juga benang-benangnya yang warnanya lucu-lucu.

Reading Light ada di http://readinglights.blogspot.com/
Jl. Siliwangi 16 (dekat Ciumbuleuit)
Bandung 40141

Sumber: http://www.mahanagari.com

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 16, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: